Inilah Alasan Mengapa Mendengarkan Orang Tua Dapat Berakibat Fatal

Friday , 9, June 2017 Leave a comment

Patuh dan menurut dengan orang tua memang baik dan sangat dianjurkan oleh society, tapi ada kalanya kita memang harus memprioritaskan diri sendiri , berikut ini adalah  Alasan Mengapa Mendengarkan Orang Tua Dapat Berakibat Fatal

Mendengarkan Orang tua

Orang tua adalah salah satu ciptaan tuhan yang terbaik, mereka membesarkan kita, mengandung kita selama kurang lebih 9 bulan, memberi kita makan sejak kecil. Mereka memberi kita perlindungan dan menuntun kita melewati masa masa kelam kita yang mungkin kita tidak akan sanggup menghadapi sendiri.

Mari kita ucapkan terima kasih pada mereka. Mama, papa, terima kasih atas semuanya, kalian adalah orang orang terbaik di hidup saya!

Tapi, semakin kita beranjak dewasa kita harus mulai berpikir skeptikal tantang nasihat – nasihat mereka. Bila kita bertanya pada orang tua kita, atau ketika kita meminta nasihat orang tua kita, mereka akan memberi kita jawaban yang paling ‘aman’ untuk kita, bukan jawaban yang terbaik.

Seorang orang tua akan memberi kita nasihat atau masukan yang tidak akan menyakitkan atau membuat kita gagal, tapi yang sebenarnya kita butuhkan adalah nasihat agar kita berani untuk bergerak dan mengambil resiko. Seorang penulis bernama Nasiim Talib membahas tentang hal ini di bukunya yang berjudul Antifragile, ia mengatakan bahwa  kita butuh rasa ‘sakit’, kita butuh melewati masa ‘down’ untuk membantu kita berkembang dalam hidup dan menjadi lebih kuat dan tegar.

Kegagalan adalah seorang guru yang terbaik. Kegagalan mengajarkan kita jauh lebih banyak hal daripada kelas kelas di kampus. Orang tua kita tidak akan mau melihat kita gagal atau sedih. Mereka mau kita untuk selalu aman dan bahagia.
“Cari aman aja nak”, “jangan buru buru, ikutin saja kata ayah”, “selalu nurut dengan kata ibu, karna ridho ibu berarti ridho tuhan juga“ dan lain sebagainya, kita sudah mendengar semua itu dari orang tua kita. Mereka selalu menuntun kita ke jalan yang teraman dan terbaik menurut mereka, eits… tapi dunia ini ga akan selalu enak dan bahagia, ada saatnya kita akan merasa bahwa dunia keras dan kejam, kita membutuhkan sesuatu yang lebih proaktif, kita butuh nasihat yang lebih realistis.

Sebagian besar orang tua selalu mengambil keputusan terhadap hidup kita, entah itu masalah hal kecil seperti jam tidur siang saat kita masih kecil, atau mulai seperti jurusan apa yang harus diambil saat kuliah, atau karir apa yang cocok untuk kita, bahkan mereka juga yang menentukan pasangan hidup mana yang cocok untuk kita!

Ada saatnya kita harus sadar bahwa tidak selamanya orang tua kita akan berada disini untuk terus menuntun kita melewati hidup, kita harus belajar untuk mengambil keputusan sendiri, kita harus belajar untuk mulai menuntun diri kita sendiri. Jangan sampai kita nanti menyesal saat tua karna kehidupan dimasa muda kita selalu ditentukan oleh orang tua kita. Jangan sampai kita disaat tua nanti punya pikiran “ah seandainya saat muda aku….”

Orang tua akan selalu mau yang terbaik untuk kita, tapi terkadang apa yang tebaik menurut mereka bukanlah yang sebenarnya terbaik buat kita, so jadikanlah orang tua kalian teman untuk bertukar pendapat dan meminta nasihat, bukan jadikan mereka bos/diktatir yang harus selalu dituruti. Kita tidak seharusnya takut terhadap orang tua, tapi kita harus selalu hormat pada mereka.

Please give us your valuable comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *